nOMINASI ‘THE BEST TALL BUILDING IN THE WORLD AWARD 2021’ UNTUK DUA PROYEK CROWN GROUP DI SYDNEY

Infinity by Crown Group dan Arc by Crown Group terlibat ‘perang saudara’ dalam ajang penghargaan The Best Tall Buildings in the World Award for 2021 dari Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH). Kedua proyek hunian dari Crown Group yang berlokasi di kota Sydney, Australia, ini masuk dalam kategori Tall Buildings 100 m. Di kategori tersebut, mereka bersaing dengan belasan gedung lain dari seluruh dunia.

CTBUH adalah badan internasional di bidang bangunan tinggi dan desain perkotaan berkelanjutan yang bermarkas di Chicago, Illinois. Badan ini dianggap sebagai lembaga kredibel yang berfokus pada desain dan konstruksi bangunan-bangunan tinggi serta pengembangan kota di masa depan. Proyek-proyek yang masuk kriteria penilaian mereka dianggap telah memberi kontribusi besar bagi lanskap perkotaan tempatnya berada.  

Hal tersebut sejalan dengan visi Crown Group yang telah terealisasi dalam proyek-proyek mereka. “Di Crown Group, tujuan kami adalah menawarkan yang terbaik dalam hunian modern melalui desain yang luar biasa. Kami bekerja dengan tim arsitektur dan desain yang memahami pentingnya proyek yang berhubungan dengan lingkungan tempat mereka dibangun. Dengan cara ini, komunitas hunian kami dapat menonjol.” Jelas Komisaris dan CEO Crown Group, Iwan Sunito.

3 PENGHARGAAN BERGENGSI DALAM 3 PEKAN UNTUK INFINITY BY CROWN GROUP AUSTRALIA DSGNTALK
Infinity by Crown Group. images by Crown Group

Seperti pada Infinity by Crown Group yang digadang-gadang menjadi ikon baru kota Sydney, sang arsitek, Koichi Takada, bukan hanya mau membuat bangunan dengan bentuk unik dan ikonik. “Bentuk yang ikonik tersebut dihasilkan dari pengembangan analisa desain demi kesesuaian dengan lingkungan seperti, merespon arah sinar matahari, menjalin hubungan dengan bangunan sekitarnya, dan benar-benar membuka vista bagi masyarakat yang tinggal disekitar Infinity. Bentuk lingkarannya membawa lebih banyak cahaya matahari ke taman publik di bawah, sehingga menjadikannya tempat yang lebih menyenangkan. Jadi bentuk yang ikonik ini hanyalah hasil dari ‘dialog’ dengan lingkungan, konteks, dan tetangga di sekitar lahan,” jelas Koichi Takada.

NOMINASI THE BEST TALL BUILDING IN THE WORLD AWARD 2021 UNTUK DUA PROYEK CROWN GROUP DI SYDNEY DSGNTALK AUSTRALIA ARSITEKTUR
Arc by Crown Group. Image by Crown Group

Sementara Arc by Crown Group yang pernah meraih 3 kategori penghargaan dari Master Builders Association (MBA) di New South Wales pada tahun 2019, juga punya ikatan erat dengan kawasan King Street dan sekitarnya. Perkembangan area di sekitar Skittle Lane, jalan kecil bersejarah di King Street, kini menjadi lokasi bagi restoran-restoran dan gerai ritel baru sehingga berdampak sebagai etalase publik yang menampilkan transformasi perkotaan di kawasan Kent dan Clarence Street. Dengan konsep desain yang kuat seperti itu, Arc by Crown memperoleh penghargaan sebagai Best Condo Development pada acara penghargaan Asia Property Awards 2018.

Satu poin penting lagi dalam kriteria penghargaan dari CTBUH ini adalah inovasi. Bangunan yang berhasil memenangkan penghargaan juga harus menunjukkan bahwa proyek mereka telah menambah keunggulan desain dan inovasi untuk meningkatkan kehidupan kota modern. Tengok saja bagaimana lengkung-lengkung baja Arc by Crown Group atau bentuk aerodinamis Infinity by Crown Group yang bukan hanya menghias garis langit kota Sydney, namun juga berfungsi sebagai ventilasi alami bagi bangunan. Keduanya berhasil menunjukkan keunggulan inovasi desain yang berdampak positif bagi wajah kota tempatnya berada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: