mONOLITH LOGAM DI UTAH, KARYA SENI ATAU PENINGGALAN ALIEN?

Sebuah benda misterius ditemukan di tengah area terpencil di Red Rock Country, Utah, Amerika Serikat. Petugas dari Utah Division of Wildlife Resources setempat yang sedang melakukan misi penghitungan domba tanduk besar, justru menemukan monolith dari logam setinggi lebih dari tiga meter. Hingga hari ini, 28/11/2020, belum diketahui asal usul benda tersebut. Apakah karya instalasi yang dibuat manusia, atau peninggalan alien yang tidak bertanggung jawab. Ya, mereka meninggalkannya tanpa pesan dan menghilang begitu saja.

MONOLITH LOGAM DI UTAH KARYA SENI ATAU PENINGGALAN ALIEN DSGNTALK 2
Kondisi bukit-bukit batu di Red Rock Country tempat ditemukannya objek logam misterius. 

Red Rock Country adalah kawasan bentang alam yang mempesona dengan rentetan formasi bukit batu berwarna merah yang membentang dari Utah hingga Arizona di Selatan. Kawasan ini merupakan destinasi wisata favorit turis lokal, luar negeri, atau mungkin sekarang luar angkasa. Departemen Keamanan Publik Utah belum berhasil memecahkan misteri asal-usul benda berkilau ini, sehingga berbagai spekulasi merebak sebebas-bebasnya. Salah satunya adalah bahwa benda ini buatan makhluk dari luar bumi. Sementara sebagian orang berpendapat kalau benda ini adalah sejenis karya seni buatan manusia yang memang dibuat di sana. Kondisi lokasi yang terpencil sebenarnya cukup sulit dicapai oleh manusia yang iseng. Resiko tersesat cukup besar, seperti yang dihimbau oleh para petugas, agar orang tidak serampangan datang untuk melihat objek ini.

MONOLITH LOGAM DI UTAH KARYA SENI ATAU PENINGGALAN ALIEN DSGNTALK 1
Tiang logam berlapis logam diduga stainless steel.
MONOLITH LOGAM DI UTAH KARYA SENI ATAU PENINGGALAN ALIEN DSGNTALK 1
Tingginya dua kali tinggi laki-laki dewasa.

Tiang monolit itu sendiri secara struktur cukup stabil dan dibungkus dengan logam yang terlihat seperti stainless steel. Material stainless steel seperti yang kita kenal saat ini baru ditemukan antara tahun 1904-1911 di Eropa, dan 1912 di Amerika oleh ahli metalurgi Elwood Haynes, yang baru mendapatkan hak patennya pada 1919. Berdasarkan fakta tersebut, umur objek logam ini tidaklah terlalu tua. Namun akan berbeda hasilnya jika pada suatu masa,  benda ini dibuat oleh makhluk yang jauh lebih modern dari manusia ketika mereka berkunjung ke bumi. Atau bisa saja seorang atau sekelompok seniman ‘iseng’ membuatnya tanpa merasa perlu diketahui orang. Tentu mereka berharap suatu saat aka nada yang menemukan dan mengapresiasinya, seperti saat ini.

MONOLITH LOGAM DI UTAH KARYA SENI ATAU PENINGGALAN ALIEN DSGNTALK 3

Namun selagi belum ada kejelasan dari pihak berwenang tentang asal-usul objek ini, setiap orang bebas berspekulasi, dengan teori ilmiah yang mereka miliki ataupun dengan imajinasi yang berlebihan. Jadi, menurut anda dari mana benda ini berasal?

*All images courtesy of the Utah Department of Public Safety

2 thoughts on “mONOLITH LOGAM DI UTAH, KARYA SENI ATAU PENINGGALAN ALIEN?

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: