iNILAH TREND WARNA 2019 MENURUT LISBETH LARSEN

TREN WARNA 2019 JOTUN GLOBAL COLOUR TREND LISBETH LARSEN DSGNTALK

Apakah Anda orang yang peduli tentang tren? Jika iya, maka cerita Lisbeth Larsen, Global Colour Manager dari Jotun ini wajib Anda simak. Melalui proses yang panjang, Lisbeth dan timnya merumuskan warna-warna yang akan menjadi tren setiap tahun. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi mereka berhasil menghasilkan puluhan warna yang akan menjadi tren warna di tahun 2019.

Bagi Lisbeth, tren warna terjadi secara alamiah. Ia melihat manusia kini bisa memperoleh jawaban akan semua hal dengan cepat melalui internet. Namun untuk menentukan tren warna tahun depan, diperlukan riset paling tidak sekitar empat bulan. Lisbeth bepergian ke berbagai tempat dan kembali ke kantor untuk duduk bersama dengan tim konsultan warna dari seluruh Asia Tenggara, Timur Tengah, Turki, dan Skandinavia. Lalu mereka mulai pemotretan, mencari lokasi, menata ruang, layout, hingga proses percetakan kartu warna. “Warna sangat berarti buat saya pribadi, saya tergila-gila dengan warna. Dua hal yang paling saya suka dari proses ini adalah riset dan keluar untuk bertemu banyak orang,” ujarnya. Setelah melalui semua itu, tim menerjemahkan wawasan mereka menjadi palet 28 warna yang akan ditambahkan ke jajaran cat Jotun tahun 2019.

Kartu tren warna 2019 ini menunjukkan bagaimana pemilik rumah dan desainer interior dapat menciptakan ruang inspiratif yang secara otentik mengekspresikan nilai, perhatian, dan kepribadian penghuninya. Era penggunaan warna dan desain untuk mencerminkan aspirasi atau pamer ke para tamu sudah berakhir; palet warna saat ini dibangun berdasarkan kejujuran, integritas, dan kebenaran. Rumah kita di tahun 2019 cukup bertajuk: ‘Inilah saya’.

Untuk menggambarkan bagaimana kombinasi berbagai warna dapat digunakan untuk mengkomunikasikan identitas-identitas yang berbeda, Jotun telah mengidentifikasi tiga tema, masing-masing menggambarkan pola pikir dan cara hidup seseorang – kisah setiap orang dan identitasnya, diungkapkan dalam warna.

CALM

Lembut, netral ringan dan hangat, kontras halus

TREN WARNA 2019 JOTUN GLOBAL COLOUR TREND LISBETH LARSEN DSGNTALK
Devine -12083 , cat yang termasuk dalam palet warna CALM untuk tren warna 2019 dari Jotun. (Foto dok. Jotun)

Identitas yang tenang menghargai makna kuantitas objek yang ada di sekitarnya, sambil menikmati kesahajaan ruang bercorak Nordik. Rumah bangsa Nordik adalah tempat berlindung yang bersih, dengan kehidupan yang bersahaja, serta tempat yang damai, tempat yang memberikan ciri khas yang suci untuk berkontemplasi lewat sejumlah karya seni pilihan atau objek yang membawa makna pribadi yang mendalam. Tidak ada yang berlebihan, tidak ada ruang yang kusut. Semuanya memiliki tempat dan alasan untuk berada di dalamnya.

TREN WARNA 2019 JOTUN GLOBAL COLOUR TREND LISBETH LARSEN DSGNTALK
Peachy-12074 cat yang termasuk dalam palet warna CALM dan RAW untuk tren warna 2019 dari Jotun. (Foto dok. Jotun)

 

REFINED

Warna-warna hijau dan kuning yang menyentuh rasa, menghadirkan berbagai tekstur warna yang mendalam.

TREN WARNA 2019 JOTUN GLOBAL COLOUR TREND LISBETH LARSEN DSGNTALK
Silky Yellow-12081 cat yang termasuk dalam palet warna REFINED untuk tren warna 2019 dari Jotun. (Foto dok. Jotun)

Identitas yang lembut adalah identitas kurator zaman modern: cerdas, dihomati, dan terpikat dalam posisi kontras yang menggairahkan. Rumah mereka dihiasi dengan koleksi seni dan artefak yang tampak eklektik, potongan-potongan vintage dan desain kontemporer, semua diposisikan dengan hati-hati untuk menghadirkan makna baru dalam hubungan mereka satu sama lain. Rumah adalah galeri pribadi – dialog antara warna dengan objek yang keseluruhannya melebihi jumlah bagian-bagiannya.

TREN WARNA 2019 JOTUN GLOBAL COLOUR TREND LISBETH LARSEN DSGNTALK
Northern Mystic-7613 cat yang termasuk dalam palet warna REFINED untuk tren warna 2019 dari Jotun. (Foto dok. Jotun)

 

RAW

Warna-warna merah bersahaja yang mendalam, buah persik yang sensual, warna hijau, dan netral gelap

TREN WARNA 2019 JOTUN GLOBAL COLOUR TREND LISBETH LARSEN DSGNTALK
Organic Red-20120 cat yang termasuk dalam palet warna RAW untuk tren warna 2019 dari Jotun. (Foto dok. Jotun)

Identitas baku yang berakar di bumi. Rumah mereka adalah tempat bagi pembuat dan pengrajin – individu yang menyukai kejujuran dan bekerja dengan tangan mereka, yang menghargai nilai di atas sentuhan akhir. Mereka adalah koki dan pemburu, pembuat roti dan tukang kayu. Mereka menemukan keindahan dalam kerajinan dan utilitas – tercermin dalam rumah-rumah pedesaan dan ruang-ruang di bumi yang penuh dengan tekstur alami, kayu dan batu serta warna tanah dan pasir.

Ketiga identitas ini benar-benar tidak bersifat preskriptif. Anda sebagai pengguna kartu warna bebas mencampur dan mencocokkan warna baru sesuai keinginan. Selain itu, kamar-kamar di setiap rumah dapat mencerminkan berbagai aspek identitas – seseorang mungkin adalah ‘pemburu’ di dapur atau kurator di ruang tamu, tetapi mencari momen untuk berkontemplasi di kamar tidur – atau memadukan ketiga jenis tersebut. Kartu warna memberi orang kebebasan dan fleksibilitas untuk menggambarkan diri mereka apa adanya. Ini termasuk alat bantu penyesuaian warna praktis dari Jotun, yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengidentifikasi warna pelengkap dalam satu rumpun warna, atau menciptakan variasi warna yang harmonis dalam ruang yang sama.

Jadi, palet mana yang akan Anda pilih untuk rumah tinggal atau proyek Anda tahun depan? Jika ingin melihat lebih banyak pilihan tren warna terbaru dari Lisbeth dan timnya, silakan tanyakan ke Jotun.

 

 

 

Author: Adon Amrin

Design enthusiast, Architecture graduate, Former interior journalist for a dozen years, Britpopper, and yes, Manchester is Red.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s