dONGSHANG, RESTORAN JEPANG DENGAN ‘HUTAN BAMBU’ KARYA IMAFUKU ARCHITECTS

Desainer asal Jepang, Yuichiro Imafuku, merancang interior sebuah restoran Jepang di tengah pusat bisnis kota Beijing, Cina. Sang klien, Dongshang, meminta Imafuku Architects untuk menghadirkan elemen-elemen yang umum di budaya kedua negara, Jepang dan Cina, pada ruang dalam dan ruang luar di restoran seluas 240 meter persegi ini.

Imafuku memilih bambu sebagai elemen tersebut. Tamu diajak untuk melewati ‘hutan bambu’ terlebih dulu, sebagai area peralihan dari suasana luar yang ramai menuju ruang dalam yang lebih tenang dan intim. Batang-batang bambu disusun menutupi dinding lorong, dan pada bagian ceiling dibuat melengkung. Pada bagian lain Dongshang, Imafuku menggunakan fitur pencahayaan yang di balik susunan bambu pada ceiling, sehingga terlihat seperti cahaya matahari yang masuk menembus rapatnya daun-daun bambu.

 

 

 

 Dongshang restaurant Beijing_Imafuku Architects
Dongshang Restaurant Floor Plan.

Area ruang makan Dongshang juga dikelilingi dengan dinding serta kanopi dari batang-batang bambu berdiameter 3cm yang menggantung di atas area makan. Botol minuman dipajang di belakang bar, disusun pada rak yang terbuat dari baja hitam dan bambu yang tersusun vertikal di sekeliling rak tersebut.

Dongshang restaurant Beijing_Imafuku Architects

Kita bisa melihat bambu sebagai material tradisional yang secara berulang diekspos dan dikombinasi dengan material lain yang lebih dominan seperti kuningan, terrazzo, batu granit hitam, atau baja hitam.

 

 

Ruang privat dilengkapi dengan panel-panel akustik untuk keperluan karaoke atau seminar, tanpa mengganggu dan terganggu suasana area makan

Dongshang restaurant Beijing_Imafuku Architects
Photo by Ruijing Photo
13_dsgntalk.com - Dongshang restaurant Beijing_Imafuku Architects
Photo by Ruijing Photo

 

 

 

 

5 thoughts on “dONGSHANG, RESTORAN JEPANG DENGAN ‘HUTAN BAMBU’ KARYA IMAFUKU ARCHITECTS

Add yours

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑