wARNA ABU-ABU YANG FLEKSIBEL UNTUK INTERIOR       

Warna abu-abu (grey) adalah hasil percampuran warna hitam dan putih, dua warna solid menjadi sebuah warna medium. Bila hitam adalah 100%, maka hitam 90% adalah abu-abu. Karena itu abu-abu juga bisa dikategorikan sebagai turunan warna hitam. Dengan sifatnya yang tidak solid, abu-abu bisa menjadi warna dasar yang baik. Jadi, banyak hal yang bisa dilakukan dengan warna abu-abu dalam interior.

“Abu-abu adalah warna paling aman untuk menjadi background warna lain. Hampir semua warna bisa harmonis dipadu dengan warna abu-abu. Hal itu menjadikan grey cocok untuk tema modern. Sesuai dengan prinsip modern yang applicable untuk banyak hal,” ujar desainer interior dan art director,  Ary Juwono. Ia mengibaratkan warna abu-abu seperti seseorang yang fleksibel dan easy going. Berkarakter, tapi tetap bisa menyatu dengan siapapun.

IMG_20160107_110842
Warna abu-abu sering digunakan pada interior modern karena karakternya yang netral. (Foto : Adon Amrin – https://www.instagram.com/adonamrin/)

Alasan lain mengapa warna abu-abu cocok dengan tema modern adalah sifatnya yang menenangkan. “Sesuatu yang tidak solid cenderung lebih nyaman dan meneduhkan. Abu-abu memiliki sifat itu. Banyak orang memilih warna abu-abu sebagai warna yang dominan pada rumah bergaya modern. Ketika pulang ke rumah setelah lelah di kantor dan di jalan, kita langsung merasa tenang dan rileks. Secara alamiah kita merasa bahwa ini waktunya istirahat,” jelas Ary, berkaca dari kehidupan masyarakat modern yang semakin dinamis. Efek psikologis seperti ini juga berlaku untuk warna lain. Ruangan berwarna merah bisa menstimulasi kita menjadi lebih aktif. Ruangan berwarna putih membuat kita merasa harus bersih. Ruangan warna hitam akan membuat kita sangat rileks atau malah mengantuk. Menurut Ary, warna abu-abu paling tepat diaplikasi pada ruang keluarga (living room) atau kamar tidur dalam sebuah hunian. Di kedua ruang ini kita biasa bersantai.

IMG-20170731-WA0024
Lantai, karpet, hingga furnitur abu-abu pada living room menciptakan suasana ruang yang menenangkan. (Foto : Yudi D Hertanto – https://www.instagram.com/yudi67dh/)

Penerapan warna abu-abu pada ruangan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Rumah modern dengan gaya industrial biasa menggunakan dinding atau dinding beton yang tidak di finishing. Untuk menghindari kesan monoton pada ruangan, Ary menyarankan untuk menempatkan furnitur yang bisa mengimbangi. Keberadaan sofa besar dengan bahan velvet merah atau maroon akan menjadi shocking color yang menyenangkan pada ruangan. Pilih bentuk furnitur yang tidak terlalu kontras sehingga cocok dengan tema ruang yang modern. Cara lain memasukkan warna dalam ruangan tadi adalah  membuat bukaan yang lebar dengan orientasi ke taman yang hijau dan berwarna.

A_8447813
Biro arsitek asal Rusia, Predmet, meletakkan meja konsol penuh warna pada foyer yang bernuansa abu-abu. Hasilnya, meja koleksi Boca do Lobo ini semakin terekspos. (Foto dokumentasi Predmet Studio – http://www.arch-predmet.com/)

Penggunaan wallpaper abu-abu pada ruangan juga bukan sesuatu yang salah. Warna abu-abu yang dipadu dengan warna gold bisa mendukung tema klasik. Karena sifat warna abu-abu yang tidak menonjol,  memungkinkan motif di atasnya akan terlihat lebih kuat. Jadi, tertarik untuk menggunakan warna abu-abu pada interior Anda?

Author: Adon Amrin

Design enthusiast, Architecture graduate, Former interior journalist for a dozen years, Britpopper, and yes, Manchester is Red.

4 thoughts on “wARNA ABU-ABU YANG FLEKSIBEL UNTUK INTERIOR       ”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s