aRZURIA, DESIGN BY SCDA ARCHITECTS

ARZURIA APARTMENT - SCDA ARCHITECTS

Arzuria adalah apartemen yang berlokasi di Tendean, Jakarta Selatan. Lokasi tersebut dipilih pengembangnya, Tolaram Group, karena berdekatan dengan Sudirman Central Business District (SCBD) dan Mega Kuningan, serta punya akses sangat dekat dengan tol dalam kota. Mereka menggandeng firma desain ternama asal Singapura, SCDA Architects,  untuk merancang seluruh proyek ini, landscape, arsitektur, hingga interiornya.

Kami sempat mengunjungi dua show unit yang mereka buat. Kala itu, Principal dari SCDA Architects, Soo K. Chan, datang langsung untuk memastikan interior unit contoh ini dibuat sesuai dengan desainnya. Mereka merancang interior dengan layout yang fungsional dan efisien. Jalur sirkulasi berada di tengah, dengan ruang-ruang di kanan-kirinya.

Di unit yang lebih besar (149 meter persegi), tiga kamar tidur dikelompokkan pada satu zona dengan selasar sebagai akses untuk mencapainya. Dua kamar anak ada di kanan dan kiri, lalu kamar tidur utama di ujung selasar. Balkon dengan dek kayu sukses mengintegrasikan ruang dalam dan ruang luar, juga menghubungkan living room, kamar anak, dan kamar tidur utama, dari sisi luar, paralel dengan selasar di bagian dalam. Bisa dipastikan bahwa ruang-ruang tersebut tidak memerlukan lampu jika hari sedang cerah. Bahkan kamar mandi di kamar tidur utama ikut merasakan manfaat tersebut karena dirancang dengan bidang transparan, walaupun berada di sisi jauh dari balkon.

ARZURIA APARTMENT - SCDA ARCHITECTS
ARZURIA APARTMENT – SCDA ARCHITECTS (Foto : Yudi D Hertanto – https://www.instagram.com/yudi67dh/)

 

Unit yang lebih kecil luasnya 89 meter persegi dengan dua kamar tidur. Zoning ruangan dibuat efisien dengan cara yang sama, selasar di tengah unit. Dapur, ruang makan dan living room menghuni zona non-private. Sementara kamar-kamar tidur dan kamar mandi berada di zona privat di ujung selasar. Kita juga bisa membagi unit menjadi dua zona lain. Sisi yang sama dengan pintu masuk merupakan zona ‘basah’, karena dapur dan tiga buah kamar mandi berada disitu. Sementara sisi yang terhubung dengan balkon adalah zona ‘kering’ yang diisi ruang keluarga, kamar tidur anak, dan kamar tidur utama.

Tidak seperti kebanyakan apartemen tengah kota yang pelit balkon, semua unit di Arzuria memiliki balkon sepanjang salah satu sisinya. Pada unit ini, balkon menghubungkan living room dan kedua kamar. SCDA sengaja menghadirkan balkon sebagai sarana untuk mengintegrasikan interior dan eksterior tanpa batasan. Sunscreen yang berlubang pada fasad bangunan turut memungkinkan hal tersebut. “Desain ini bertujuan untuk menciptakan ketenangan melalui ruang, cahaya dan keteraturan struktur,” jelas Soo K. Chan.

 

Author: Adon Amrin

Design enthusiast, Architecture graduate, Former interior journalist for a dozen years, Britpopper, and yes, Manchester is Red.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s