rUMAH NENEK IVANNA

VILLA NONNAVANA BALI SUKYF ARCHITECTS FELIPE GONZALEZ JIMENEZ

 

Vila ini dimiliki oleh keluarga Abagian yang berasal dari Caluso, Italia, sebuah kota kecil di kaki Gunung Alpen. Sepuluh tahun terakhir mereka habiskan tinggal di Hong Kong dan Sydney. Sebagai pecinta olahraga selancar dan pantai, Bali yang letaknya di tengah-tengah kedua kota tersebut menjadi pilihan bagi keluarga Abagian membangun rumah liburan mereka dan berpotensi menjadi tempat tinggal tetap di kemudian hari.

Sayang saya tidak sempat bertemu dengan keluarga yang terdengar keren ini. Bagaimana tidak, vila ini mereka namakan Nonnavana untuk mengenang sang nenek. Alex sang kepala keluarga, berharap vila ini bisa menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, layaknya pelukan hangat sang nenek. “Kebanyakan tamu tinggal di sini untuk akhir pekan. Namun tidak jarang pula yang memilih tinggal selama sebulan penuh. Kami berharap vila ini bisa menjadi tempat bagi keluarga untuk menciptakan memori-memori menyenangkan mereka,” harap Alex yang menjawab lewat email.

VILLA NONNAVANA BALI SUKYF ARCHITECTS FELIPE GONZALEZ JIMENEZ
Matahari sore menembus jendela dapur. (Foto : Adon Amrin – https://www.instagram.com/adonamrin/)

“Rumah ini dirancang agar terjadi interaksi antara para penghuninya. Kita lihat bagaimana orang di dapur bisa berinteraksi dengan orang di meja makan, di living room, atau bahkan di kolam renang di halaman,” jelas Felipe Gonzalez Jimenez sang arsitek dari SUKYF Architect.

 

 

Program ruangnya sederhana sehingga hubungan antar ruang juga ringkas. Dua kamar tidur berada di lantai dua, dua kamar lainnya berada di lantai dasar dan menghadap langsung ke taman dan kolam renang. Sebuah gazebo di tepi kolam memberi suasana tropis pada bangunan modern ini. “Karena keluarga ini berasail dari negara di Laut Tengah, saya juga menghadirkan unsur-unsur yang digunakan pada bangunan mediterania. Mereka suka merasakan bagaimana cahaya berdampak pada bangunan, adanya jendela-jendela, kaca, dan bukaan-bukaan besar,” jelas Felipe.

 

 

Felipe menyebut konsep rumah ini dengan ‘Home away from home’. Sebuah rumah keluarga yang memadukan antara gaya modern dengan tropis, sesuai dengan lokasinya di Canggu, Bali.

Villa Nonnavana merupakan satu dari sekitar 50 bangunan lain yang pernah dibuat Felipe di Bali. Karena penasaran ingin mengenal lebih jauh tentang arsitek ini, kami berkunjung ke kantornya yang juga tidak kalah keren.

 

 

 

 

Author: Adon Amrin

Design enthusiast, Architecture graduate, Former interior journalist for a dozen years, Britpopper, and yes, Manchester is Red.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s