sINGGAH DI KANTOR FELIPE (2)

FELIPE GONZALEZ SUKYF ARCHITECTS BALI 1

“Konsep modern yang dieksekusi dengan material modern tidak membuat kantor ini terasing dari alam sekitarnya.”

Felipe Gonzalez sadar bahwa kekuatan Bali adalah keindahan alamnya. Maka dalam bangunan yang begitu modern seperti ini pun, ia tidak lupa untuk ‘mengundang alam’ untuk masuk ke interior, melalui jendela-jendela besar.

FELIPE GONZALEZ SUKYF ARCHITECTS BALI 1
Karena jendela-jendela ini, aktivitas kerja di siang hari bisa berlangsung tanpa menyalakan lampu. Melihat taman asri seperti ini juga bisa mengurangi stres lho. (Foto: Adon Amrin – )

 

 

Kantor dengan toilet itu sudah biasa. Kantor yang menyediakan shower untuk karyawannya mandi juga sudah biasa. Tapi jika shower yang disediakan berada di taman tengah yang dibatasi dinding kaca, itu baru super! Saya sungguh berharap ketika itu Gerard Pique dan Shakira datang dari Spanyol untuk mengkonsultasikan rumah mereka ke Felipe. Karena perjalanan yang jauh dan melelahkan, Shakira lalu menumpang mandi. Tapi candaan Felipe yang menawarkan dirinya untuk mandi di situ selagi kami memotret, sungguh membuyarkan imajinasi.

FELIPE GONZALEZ SUKYF ARCHITECTS BALI 1
Taman tengah yang dilengkapi dengan shower. Karyawan yang datang terlambat harus mandi di situ. NO..NO..Just kidding. (Foto: Adon Amrin -https://www.instagram.com/adonamrin/)
IMG_20180228_111738
Kantor akan diubah menjadi villa ketika proyek di lahan belakangnya sudah rampung. Dan villa pasti memerlukan kamar mandi eksostis seperti ini. (Foto: Adon Amrin -https://www.instagram.com/adonamrin/)

 

Di sisi lain, jendela dibuat dengan bentuk memanjang, bersaing dengan balok baja ‘berkarat’ yang menjadi konstruksi utama bangunan.

Berbincang dengan Felipe membuat lupa waktu. Konsep desainnya amat kuat dan berkarakter, dan ia memegang teguh itu. “Saya tidak berusaha untuk trendy atau terlalu khawatir dengan kemauan pasar dan interpretasi orang. Arsitektur saya berdasarkan common sense,” tegasnya. Dan Felipe masih punya banyak karya hebat di Bali. Kami berpikir untuk membuat acara khusus, semacam tur ke beberapa karya pilihannya.

FELIPE GONZALEZ SUKYF ARCHITECTS BALI 4
Felipe Gonzalez Jimenez. Arsitek dengan reputasi internasional yang menetap di Bali. Oh iya, Felipe yang tidak memakai topi. (Foto: Adon Amrin -https://www.instagram.com/adonamrin/)

Pada artikel sebelumnya kita baru melihat kantor ini dari luarnya saja.

Author: Adon Amrin

Design enthusiast, Architecture graduate, Former interior journalist for a dozen years, Britpopper, and Manchester is Red.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s